Apa itu File APK dan Apa Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

74
Apa itu APK dan Apa Fungsinya

APK adalah singkatan dari Android Package Kit dan ini adalah format file yang digunakan Android untuk aplikasinya. Jika kamu memiliki perangkat Android, kamu mungkin pernah mendengar istilah APK dan bertanya-tanya apa artinya.

Meskipun kamu dapat menggunakan Android tanpa perlu mempelajari arti APK, mungkin mempelajari sedikit akan membantu kamu mengetahui platform lebih jauh. Untuk itu, mari kita lihat apa itu file APK dan mengapa itu penting untuk Android.

Apa Itu File APK?

APK adalah singkatan dari Android Package (terkadang Android Package Kit atau Android Application Package ). Ini adalah format file yang digunakan Android untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi. Akibatnya, APK berisi semua elemen yang perlu diinstal aplikasi dengan benar di perangkat kamu.

APK adalah file arsip, artinya berisi banyak file, ditambah beberapa metadata tentangnya. kamu mungkin akrab dengan jenis file arsip lainnya, seperti ZIP dan RAR.

Umumnya, file arsip (seperti ZIP) digunakan untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu, agar lebih portabel atau mengompresnya untuk menghemat ruang. Ketika arsip digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak, itu disebut paket perangkat lunak.

Ternyata, APK adalah varian dari format file JAR (Java Archive), karena banyak Android dibangun di Java. Semua APK adalah file ZIP pada intinya, tetapi harus berisi informasi tambahan agar berfungsi dengan baik sebagai APK.

Jadi, semua APK adalah ZIP, tetapi tidak semua ZIP adalah APK. Jika kamu penasaran, kamu dapat membuka file APK dan melihat apa yang ada di dalamnya. Cukup gunakan salah satu alat ekstraksi file terbaik , seperti 7-Zip, untuk membukanya seperti kamu membuka file ZIP lama.

Android APK Examine

Untuk Apa File APK Digunakan?

File APK memungkinkan kamu untuk menginstal aplikasi di ponsel Android kamu. File ini mirip dengan file APPX yang digunakan untuk menginstal aplikasi Store di Windows 10, serta file paket yang sesuai di platform lain. Saat kamu membuka APK di perangkat kamu, APK tersebut berisi instruksi untuk menginstal di ponsel kamu, plus memberikan informasi tentang dirinya sendiri ke perangkat kamu.

Biasanya, ketika kamu mengunjungi Google Play dan mengunduh aplikasi, toko secara otomatis menginstal APK untuk kamu. Dengan cara ini, Play Store juga bertindak sebagai pengelola paket-alat untuk menginstal, memperbarui, dan menghapus perangkat lunak dengan mudah di perangkat.

Namun, karena sifat Android yang terbuka, Google Play bukan satu-satunya cara untuk menemukan dan memasang APK. Sangat mudah untuk mendapatkan file APK dari tempat lain, memindahkannya ke perangkat kamu, lalu menginstalnya secara manual.

Bagaimana File APK Dibuat?

Saat pengembang membuat aplikasi Android, mereka kemungkinan menggunakan Android Studio, alat pengembangan resmi untuk Android. Setelah aplikasi siap dikirim, Android Studio mengompilasi aplikasi, lalu memasukkan semuanya ke dalam satu wadah yaitu APK.

APK dapat memiliki nama apa pun, tetapi biasanya perlu mempertahankan ekstensi file .apk agar OS tahu cara menafsirkannya. Saat mengunduh APK, biasanya kamu akan menemukan bahwa mereka memiliki nama file seperti berikut:

com.google.android.dialer_66.0.374464.apk

Ini adalah versi (disingkat) dari nama APK untuk aplikasi Google Telepon. Kamu dapat melihat bahwa nama lengkap aplikasi cocok dengan nama file aplikasi di URL halaman Google Play-nya:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.dialer

Angka-angka di bagian akhir mewakili versi saat ini, yang bisa sangat terperinci karena aplikasi utama seperti ini diperbarui setiap saat.

Mengapa Saya Menginstal File APK Secara Manual?

Google Play adalah kebutuhan instalasi APK Android kebanyakan orang. Tetapi ada beberapa manfaat untuk menginstal APK secara manual.

Salah satu yang terbesar adalah mendapatkan akses ke versi terbaru aplikasi sebelumnya. Saat aplikasi Google utama (seperti Kalender) merilis pembaruan besar, diperlukan waktu seminggu atau lebih bagi perangkat kamu untuk mendapatkannya dari Google Play. Menginstal APK sendiri memungkinkan kamu melewati masa tunggu dan memperbarui secepat yang kamu inginkan.

Sideloading APK juga memungkinkan kamu menginstal aplikasi di perangkat yang tidak tersedia di Google Play. Kamu mungkin menemukan aplikasi yang tidak diizinkan di Google Play karena melanggar kebijakan, atau mungkin kamu ingin menguji aplikasi teman yang sedang dalam pengembangan.

Sama seperti perangkat lunak desktop, mengunduh file APK dari situs web acak bisa berbahaya. Meskipun Google Play memiliki filter untuk menangkap aplikasi paling berbahaya, tidak ada banyak perlindungan saat kamu menginstal APK sendiri.

Hanya unduh APK dari situs tepercaya. Berhati-hatilah dengan halaman mana pun yang menjanjikan aplikasi berbayar secara gratis itu adalah taktik umum untuk memasang malware di perangkat kamu.

Apa itu Base.APK?

Kamu mungkin menemukan file di ponsel kamu bernama base.apk dan bertanya-tanya apa fungsinya. Kamu hanya dapat melihat file base.apk ini jika kamu memiliki akses root pada ponsel kamu, karena file tersebut berada di folder sistem yang dilindungi.

Ini adalah file yang akan kamu temukan di setiap folder aplikasi. Ini berisi APK yang kamu unduh dari Google Play, yang digunakan untuk menginstal aplikasi pada awalnya. Jika kamu memeriksa ukuran file ini dengan ukuran file yang dilaporkan di halaman Play Store aplikasi, keduanya akan cocok.

Aplikasi cadangan APK dapat menggunakan ini atau membuat salinan aplikasi yang diinstal di ponsel kamu. Jika mau, kamu juga dapat menyalin file-file ini secara manual di tempat lain untuk digunakan sendiri. Tetapi ini tidak diperlukan untuk mencadangkan perangkat Android kamu, jadi jika tidak di-root, jangan khawatir tentang file-file ini.

Sekarang kamu Tahu Untuk Apa File APK

Kami telah melihat bagaimana APK adalah format inti yang digunakan Android untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi. Untuk penggunaan normal, sebagian besar tidak terlihat. Tetapi APK mendukung semua unduhan di ponsel kamu, jadi kamu selalu menanganinya, bahkan jika kamu tidak menyadarinya.

Mengesampingkan APK dari sumber di luar Play Store berguna, dan salah satu bagian terbaik dalam menggunakan Android. Tetapi kamu hanya boleh melakukannya ketika kamu memercayai asal file, untuk menghindari ponsel kamu dari risiko keamanan.