4 Aplikasi Faktur Gratis Terbaik untuk Pemilik Usaha Kecil!

70
Aplikasi Faktur Gratis Terbaik

Jika kamu seorang freelancer, pemilik usaha kecil, atau pengusaha, maka kamu pasti sudah tahu betapa pusingnya membuat dan mengelola faktur. Yap, tanpa faktur kamu tidak akan dibayar.

Tapi masalahnya, membuat atau mengelola faktur memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Maka tak heran kalau aplikasi faktur terbaik akan menghabiskan sejumlah uang.

Tapi tenang saja, jika kamu butuh aplikasi faktur tanpa harus membayar alias gratis. Berikut ini BugisTekno telah menyiapkan beberapa. Tentunya, daftar aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS. Maka dari itu simak berikut ini ulasannya.

Rekomendasi Aplikasi Faktur Gratis untuk Pemilik Usaha Kecil

1. Invoice Simple

Aplikasi Invoice Simple

Invoice Simple adalah aplikasi faktur yang mudah dan cepat untuk mengirim perkiraan kepada klien dan pelanggan kamu. Aplikasi ini cocok untuk usaha kecil dan menengah, pekerja lepas, kreatif, dan pekerja lain yang membutuhkan aplikasi sederhana namun profesional untuk pembuatan faktur.

Melalui aplikasi ini kamu dapat dengan mudah melacak faktur karena mendukung berbagai platform yaitu Android dan iOS. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai template sehingga memudahkan kamu membuat faktur. Jadi, kamu hanya tinggal menyesuaikan logo, foto dan tanda tangan.

Download Invoice Simple : AndroidiOS

2. Invoice Ninja

Aplikasi Invoice Ninja

Invoice Ninja merupakan salah satu aplikasi faktur yang bagus untuk pekerja lepas dan pemilik usaha kecil yang memiliki kebutuhan yang lebih kompleks. Sebagai pengguna gratis, kamu bisa mengelola hingga 100 klien dan faktur tanpa batas.

Tersedia juga fitur-fitur canggih mulai dari pelacakan waktu, penagihan otomatis, faktur bermerek, dan masih banyak lagi. Hanya saja, faktur yang kamu buat akan memiliki watermark “Dibuat oleh Ninja Faktur”.

Jika kamu tidak suka watermark, maka kamu bisa mengupgrade ke fitur premium yang memiliki harga $10 / bulan. Selain itu, fitur premium tentunya tidak akan memberimu batasan klien dan juga untuk akses fitur lainnya seperti template faktur profesional email pengingat otomatis dan masih banyak lagi.

Download Invoice Ninja : AndroidiOS

3. Invoicely

Aplikasi Invoicely

Sama seperti aplikasi lainnya, Invoicely juga bagus untuk freelance dan pemilik usaha kecil yang menangani kebutuhan akuntansi yang kompleks di luar faktur sederhana. Salah satu fitur unggulan aplikasi ini yaitu dapat mengelola banyak bisnis beserta dengan banyak anggota dan klien.

Aplikasi ini juga menyediakan bersi gratis dan premium. Dan bagusnya karena versi gratis tak akan membatasi klien dan pembuatan faktur, namun terdapat watermark atau logo Invoicely.

Sementara untuk fitur premium, tentunya akan menghilangkan watermark ditambah lagi fitur tambahan, seperti pelacakan waktu, pajak, jarak tempuh, merek yang disesuaikan, dan metode pembayaran online selain PayPal.

Download Invoicely : AndroidiOS

4. Wave Invoicing

Aplikasi Wave Invoicing

Wave Invoicing adalah aplikasi faktur yang paling populer dalam daftar ini, terutama bagi pemilik usaha kecil. Namun, menjadi daftar keempat karena aplikasinya terkadang agak lambat dan juga antarmuka dan navigasinya kurang memuaskan.

Meski begitu, aplikasi Wave Invoicing ini 100% gratis dan tersedia dalam tiga layanan antara lain, software Faktur (untuk membuat dan mengirim faktur pembayaran), software Akuntansi (untuk melacak pendapatan dan pengeluaran) dan Pemindaian Tanda Terima.

Sementara itu, aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur termasuk pengingat otomatis untuk klien yang terlambat membayar, template untuk membuat faktur professional, dapat mengetahui kapan klien melihat fajtur dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Ada juga fitur premiumnya, dimana kamu bisa mendapat fitur pemrosesan pembayaran online dan layanan manajemen penggajian. Namun, jika kedua fitur tersebut tidak kamu perlukan, maka aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk kamu gunakan.

Download Wave Invoicing : AndroidiOS

Aplikasi Faktur Gratis Mana yang Terbaik?

Dari semua aplikasi faktur gratis di atas tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, tergantung dengan bagaimana dan apa kebutuhanmu.

Maka dari itu, saya hanya merekomendasikan aplikasi faktur untuk freelancer dan pemiliki usaha kecil yang tanpa kebutuhan faktur yang rumit. Karena jika tidak, pasti kamu harus mengeluarkan biaya untuk membeli keperluan fasilitas faktur.

Jika kamu memang butuh yang gratis maka saya rekomendasikan menggunakan Simple Invoicing (untuk faktur dasar dan langsung), Invoice Ninja (untuk freelancer dan pemilik usaha kecil yang sedang berkembang).