Begini Cara Menjadikan HP Android Sebagai Kamera CCTV

Cara Menjadikan Android Sebagai Kamera CCTV

Kamera CCTV adalah kamera yang digunakan untuk memantau aktivitas di suatu lokasi tertentu. Pada umumnya kamera CCTV ini terdapat pada lokasi-lokasi yang ramai seperti swalayan, bank, kantor dan lainnya.

Namun, terkadang ada juga orang yang butuh CCTV untuk mengawasi lokasi pribadinya karena mungkin terdapat barang berharga atau hal lainnya. Tapi, tentunya kamera CCTV ini harganya tidaklah murah.

Tenang saja, alternatifnya kamu bisa gunakan smartphone Android-mu sebagai CCTV. Bagaimana bisa? Yap, berkat kemajuan teknologi kini Android bisa kita fungsikan untuk berbagai keperluan. Maka dari itu, simak ulasan tutorialnya berikut ini.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Kamera CCTV

Untuk menjadikan HP Android sebagai kamera CCTV, kamu membutuhkan 2 buah smartphone Android. Hal ini karena kamu butuh untuk memantau dan satu lagi tentunya sebagai kamera pemantau.

Ilustrasi cara kerjanya yaitu kamu akan melihat semua aktivitas layar yang ditangkap oleh kamera Android yang menjadi kamera pemantau. Jika cuma punya 1 hp saja, kamu juga bisa memanfaatkan komputer untuk menjadi layar pemantau.

Jika kamu sudah tidak sabar ingin mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah caranya berikut ini:

1. Pada HP Android Pertama (Kamera Pemantau)

  • Download aplikasi IP Webcam di Play Store lalu install seperti biasa.
  • Buka aplikasinya, lalu buka Video Preferences. Ubah Video resolution menjadi 640×480. Tujuannya agar mengurangi beban server.
  • Jika sudah, silahkan kembali ke menu utama, scroll kebawah lalu pilih menu Start Server.
  • Ketika telah muncul kamera, silahkan catat alamat IP yang tampil dibagian bawah. Misalnya http://192.168.43.1:8080.
  • Diamkan saja, kemudian lanjut ke tutorial device kedua yang menjadi layar pemantau.
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV

2. Pada HP Android Kedua (Layar Pemantau)

  • Buka aplikasi browser atau google chrome, kemudian ketikkan alamat IP yang telah kamu catat tadi pada address bar, lalu Enter.
  • Setelah halaman IP Webcam sudah terbuka, kamu tinggal ubah menu Video renderer menjadi Browser, lalu untuk memperbesar layar pemantau pilih lagi Fullscreen.
  • Maka kamu otomatis akan melihat tangkapan kamera pada HP Android yang menjadi kamera pemantau.
  • Silahkan tempatkan ponsel Android (kamera pemantau) pada lokasi yang tepat agar dapat menangkap lokasi sesuai yang kamu inginkan.
Cara Menjadikan Android Sebagai Layar Pemantau CCTV

Bagaimana, mudahkan? Dengan begitu, kamu sudah berhasil menjadikan Android sebagai kamera CCTV. Jadi, ketika kamu butuh untuk memantau suatu waktu, maka cara ini bisa menjadi alternatif buat kamu lakukan.

Dan perlu kalian catat, bahwa untuk tahap layar pemantau, kamu juga bisa gunakan laptop jika cuma punya satu Android saja. Tinggal buka browser lalu mengikuti instruksi di atas, maka kamu juga bisa memantau menggunakan laptop atau komputer.

Demikianlah artikel kali ini mengenai tutorial cara menjadikan HP Android sebagai kamera CCTV. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here