Cara Mengatasi SIM Card tidak Terbaca pada Smartphone

60
Cara Mengatasi SIM Card tidak Terbaca pada Smartphone

Permasalahan pada smartphone memang cukup beragam. Apakah kamu pernah mengalami masalah SIM Card (kartu provider) yang tidak terbaca di hp Android? Jika pernah, tentu menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan bukan? Tak jarang hal tersebut membuat panik dan mengira bahwa hpnya yang rusak.

Penyebab SIM Card tidak Terbaca pada Android

SIM Card merupakan suatu hal yang amat penting kegunaannya. Tanpa adanya SIM Card, tentu hp kita tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi baik melalui telepon, SMS maupun internet (kecuali jika memakai Wi-Fi). Rata-rata sekarang ini, hp Android sudah menggunakan mini-SIM atau micro-SIM.

Namun, meski demikian permasalahan pada SIM Card masih sering dialami oleh pengguna hp Android. Dan ternyata ada beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya permasalahan ini. Di antaranya adalah:

1. SIM Card Sudah Berumur

SIM Card yang berusia di atas 5 tahun, wajar jika menjadi sulit terbaca. Hal ini dikarenakan penipisan pada lapisan kuningan, terlebih lagi jika kamu sering menggonta-gantinya. Penipisan pada lapisan kuningan ditandai dengan lapisan kuningan yang menghitam.

2. Kuningan Pada Slot SIM Card Rusak

Selain karena lapisan kuningan pada SIM Card mengalami penipisan, lapisan kuningan pada slot SIM Card hp kamu yang rusak dapat mengakibatkan SIM Card tidak dapat terbaca. Bisa jadi hal ini terjadi karena kamu sering menggonta-ganti SIM Card, sehingga jalur kuningan pada slot SIM Card sudah tidak responsif lagi.

3. Overheating

Panas yang berlebih atau overheating pada smartphone kamu juga dapat merusak dan membuat perangkat tersebut mudah rusak/error. Panas yang berlebihan atau overheating bisa membuat kuningan pada SIM Card maupun pada slot SIM Card meleleh.

Cara Mengatasi SIM Card yang tidak Terbaca di hp Android

Sebelum kamu membawanya ke tukang service hp, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi permasalahan SIM Card tidak dapat terbaca di hp kamu. Antara lain:

1. Matikan Hp Sejenak, Bersihkan Slot SIM Card

Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mematikan hp kamu sementara waktu. Kemudian, lepas baterai dan SIM Card kemudian lap bagian kuningan slot SIM Card dan kuningan SIM Card dengan kain halus (sebagian orang menganjurkan menggunakan karet penghapus). Pasang kembali SIM Card dan baterai lalu coba hidupkan kembali.

2. Gunakan SIM Card Lain

Jika cara di atas masih kurang berhasil, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan SIM Card lain yang masih aktif atau masih masuk masa tenggang. Jika ternyata SIM Card tersebut masih dapat terbaca, itu berarti bahwa SIM Card kamu yang bermasalah.

3. Kembali ke Setelan Pabrik

Langkah berikutnya ini tentu agak riskan sebab kamu akan kehilangan semua pengaturan ponsel yang sudah kamu ubah-ubah berikut file atau dokumen pada hp Android kamu. Jadi sebelum melakukan “ubah ke setelan pabrik” atau “factory reset”, kamu harus mencadangkan file dan dokumen kamu terlebih dahulu.

4. Ganti SIM Card Baru

Jika ternyata yang jadi penyebab SIM Card tidak dapat terbaca di hp kamu adalah SIM Card kamu sendiri, maka cobalah mengganti SIM Card kamu dengan SIM Card baru. Namun jika kamu sekiranya masih ingin mempertahankan nomor lama kamu, maka kamu perlu membawa SIM Card kamu langsung ke Customer Service pada kantor pelayanan provider kamu masing-masing untuk dibantu penggantian kartu baru dengan nomor yang sama dengan nomor lama.

Nah, itulah beragam cara mengatasi sim card tidak terbaca di android. Namun jika ternyata permasalahannya adalah pada hp Android kamu, maka mau tidak mau harus dibawa ke tukang service sebelum kerusakannya jadi lebih parah.