Begini Cara Mengubah Android Jadi Remote (TV, AC, DVD)

Cara Mengubah Android Jadi Remote TV

Apakah remote kamu sering hilang atau tercecer? Tenang saja, karena kamu bisa menjadikan ponsel Android kamu sebagai remote. Dalam kondisi tertentu, terkadang kita butuh remote buat menurunkan suhu AC yang terlalu dingin.

Namun, karena tidak tahu remotenya dimana maka kita hanya bisa terdiam dan merasakan kedinginan suhu dari AC tersebut. Namun, ternyata berkat kecanggihan teknologi kini Android bisa kita manfaatkan jadi remote.

Sehingga ketika kamu berada dalam kondisi tersebut, maka kamu bisa gunakan smartphone kamu untuk mengubah suhu atau mematikan AC tersebut.

Selain untuk remote AC, ponsel Android juga bisa kamu gunakan buat remote perangkat elektronik lainnya, baik itu TV, DVD hingga Proyektor. Tentunya, dengan begitu kamu tidak perlu cemas lagi ketika berada dalam kondisi kehilangan remote.

Cara Mengubah Android Jadi Remote

Untuk menjadikan ponsel Android sebagai remote, kamu memerlukan sebuah aplikasi yang menyediakan fitur remote. Artinya, aplikasi ini dapat menghubungkan Android kita dengan perangkat elektronik lainnya berdasarkan merk-nya.

Adapun aplikasinya yaitu Zaza Remote. Namun, perlu kamu ketahui untuk bisa menjadikan Android sebagai remote, pastikan Android kamu punya infrared. Jika tidak ada kamu bisa membeli USB OTG Infrared.

Kamu bisa menemukan USB OTG Infrared di toko-toko elektronik terdekat. Nah, jika hal tersebut sudah siap. Silahkan ikuti langkah-langkah caranya berikut ini.

  1. Download aplikasi Zaza Remote di Play Store.
  2. Buka aplikasinya, klik Add Remote lalu pilih jenis perangkat yang ingin kamu remote. Misalnya, TV, AC, DVD, Proyektor dan lainnya.
  3. Kemudian pilih Merk perangkat elektronik kamu.
  4. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan merender perangkat kamu hingga muncul tampilan remote.
  5. Selesai.
Cara Mengubah Android Jadi Remote

Dengan begitu, maka kamu sudah berhasil mengubah Android jadi remote. Jika kamu tidak tahu apakah Android kamu punya fitur infrared atau tidak, kamu bisa mencobanya saja terlebih dahulu.

Jika memang tidak bisa, barulah kamu membeli komponen USB OTG Infrared agar Android kamu bisa berfungsi menjadi remote.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here