9 Emulator Android untuk PC Terbaik & Ringan 2021

247
Rekomendasi Emulator Android Terbaik

Emulator Android merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan fungsi serupa dengan Android yang bisa berjalan pada PC. Jadi, buat kamu yang ingin memanfaatkan PC jadi Android maka kamu butuh dengan aplikasi ini.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapat dari aplikasi emulator Android untuk PC, diantaranya adalah bermain game. Tentunya, bermain game melalui emulator Android dapat memberi kelancaran meski memainkan game dengan grafis tinggi sekalipun.

Namun, berhubung karena sangat banyak sekali jenis emulator Android, sehingga kita bakal sulit menemukan mana yang terbaik. Tapi tenang saja, pada ulasan kali ini BugisTekno telah menyiapkan rekomendasi emulator Android terbaik yang ringan untuk melengkapi keperluanmu.

Rekomendasi Emulator Android untuk PC Terbaik & Ringan

1. Nox Player

Emulator Android Nox Player

Jika kamu butuh emulator Android buat keperluan bermain game, maka Nox Player bisa jadi pilihan yang pas. Pasalnya, emulator yang satu ini memang membidik target pengguna yang gemar bermain game.

Emulator ini diklaim mampu menjalankan game-game besar dengan baik seperti PUBG, Justice League, atau game besar yang lainnya. Terlebih, Nox Emulator dapat digunakan secara gratis dan tanpa adanya iklan bersponsor sama sekali.

Sementara itu, dari sisi fitur juga sangat lengkap, yaitu kamu dapat memetakan tombol kontrol baik itu pada Keyboard, Mouse, atau Gamepad. Kemudian, kamu juga dapat menentukan penggunaan CPU dan RAM di opsi pengaturan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan uniknya, juga tersedia fitur rooting untuk memberi kebebasan dalam penggunaanmu.

2. Bluestack

Emulator Android Bluestack

Emulator Android yang satu ini memang paling terkenal ketimbang yang lainnya. Kebanyakan orang menyukai emulator ini untuk digunakan bermain game karena cara setelan dan penggunaannya yang mudah.

Selain dari Play Store, kamu juga dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang tersedia dari toko aplikasi BlueStack. Kemudian, untuk sisi fitur memang emulator ini cukup bisa kita andalkan, berkat adanya penggunaan CPU dan memori yang rendah.

Bahkan, emulator Bluestack ini diklaim mampu memberikan kecepatan sistem 6x lebih cepat dari Samsung Galaxy S9+. Hanya saja, dalam emulator ini cukup banyak iklan bersponsor sehingga membuatnya kalah dari emulator terbaik lainnya.

3. GameLoop

Emulator Android Gameloop

Rekomendasi emulator Android terbaik yang patut kamu coba adalah GameLoop. Sesuai dengan namanya, emulator ini bisa jadi pilihan yang pas bagi kamu yang butuh emulator untuk bermain game terutama buat jenis game FPS.

Bahkan, Tencent juga menyebutkan bahwa emulator ini sengaja dirancang agar penggunanya dapat menikmati setiap game-gamenya lewat PC, baik itu PUBG Mobile ataupun Call Of Duty: Mobile.

Meski begitu, tak terbatas untuk game itu saja, artinya kamu juga masih tetap bisa menikmati game-game lainnya selain rilisan Tencent. Terlebih lagi, kontrol keyboardnya yang juga sangat mudah dan bagus.

4. MEmu

Emulator Android MEmu

Selanjutnya, ada emulator yang bernama MEmu. Emulator ini juga salah satu yang menjadi pilihan para gamer karena mendukung berbagai fitur yang sangat menunjang dalam keperluan gaming.

Adapun fitur unggulannya yaitu karena mendukung chipset AMD dan Intel. Jadi, MEmu emulator ini bisa dikatakan sebagai multifungsi, selain main game juga bagus untuk keperluan pengembangan aplikasi.

Sementara itu, juga menyediakan beberapa pilihan OS Android, seperti Jelly Bean, Kit Kat dan Lollipop. Hanya saja, dalam penggunaan akan ada iklan yang mengganggu, dan untuk menghilangkan kamu harus membeli versi premiumnya.

5. LD Player

Emulator Android LD Player

Sama seperti emulator sebelumnya, LD Player juga ditujukan buat kamu yang suka main game Android. Emulator ini sangat mampu memberikan performa yang smooth tanpa adanya lag saat bermain game.

Alasannya, karena adanya dukungan secara berkala dari developer dalam memperbarui emulator demi mengoptimalkan performanya terutama setiap kali ada game mobile yang baru.

Selain itu, juga tersedia pilihan versi Android antara 5.1 dan 7.1 yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi PC yang kamu punya.

6. Genymotion

Emulator Android Genymotion

Rekomendasi emulator terbaik dan ringan berikutnya yaitu Genymotion. Kalau untuk emulator ini lebih berfokus untuk para pengembang aplikasi atau game Android. Jadi, bagi kamu yang suka merancang aplikasi atau game dan ingin mengetesnya maka emulator ini bisa jadi pilihan yang pas.

Memang, emulator ini masih bisa menginstall aplikasi dari PlayStore, namun fitur-fitur yang ditawarkan mulai dari gratis hingga premium lebih menekankan untuk pengembang aplikasi.

Terlebih, Genymotion juga tidak membutuhkan resource yang besar dari PC sehingga bisa dibilang emulator ini lumayan lancar untuk dijalankan.

7. Droid4x

Emulator Android Droid4x

Rekomendasi emulator Android ringan salah satunya ialah Droid4x. Emulator ini menghadirkan berbagai kemudahan didalamnya. Mulai dari menikmati berbagai game ataupun aplikasi hingga kostumisasi tombol untuk mempermudah dalam mengontrol.

Adapun hal yang paling menarik dari emulator ini yaitu dapat berjalan dengan baik meskipun spesifikasi PC yang kamu punya tidak terlalu tinggi. Yang jelas kamu harus menyesuaikan settingan agar emulator dapat berjalan dengan maksimal.

8. Mumu

Emulator Android Mumu

Selanjutnya, emulator Android yang bagus dan juga ringan ialah Mumu. Ini juga merupakan salah satu emulator yang bisa jadi pilihan yang pas ketika kamu butuh emulator Android untuk bermain game.

Alasannya, karena emulator ini menjadi rekomendasi oleh game RPG Ragnarok M: Eternal Love untuk dimainkan lewat PC. Kita ketahui bahwa game tersebut juga salah satu terberat yang ada di PlayStore.

Oleh karena itu, dapat diklaim bahwa emulator ini cukup bagus dalam menjalankan game-game yang berat sekalipun. Dan tidak hanya untuk game Ragnarok saja, kamu juga bisa mainkan game lainnya karena dalam emulator juga ada PlayStore untuk mencari game kesukaanmu.

9. KO Player

Emulator Android KO Player

Deretan terakhir yang menjadi rekomendasi emulator Android terbaik yang ringan adalah KO Player. Emulator ini juga tidak kalah bagus dalam memberi performa untuk bermain game.

Jadi dalam emulatornya, kamu dapat memilih dua pilihan antara mengutamakan kecepatan untuk mendapatkan performa maksimal atau sisi kompatibelnya untuk lebih aman. Terlebih, KO Player juga telah menyediakan PlayStore yang bisa kamu pakai untuk menginstall aplikasi ataupun game yang kamu inginkan.

Nah, itulah tadi rekomendasi emulator Android terbaik dan ringan untuk PC yang bisa menjadi pilihan kamu saat lagi butuh untuk berbagai keperluan Android, baik itu untuk gaming, testing aplikasi ataupun lainnya. Semoga bermanfaat.