6 Tips Cara Mengatasi Layar Sentuh Android tidak Berfungsi

49
Tips Mengatasi Layar Sentuh Android tidak Berfungsi

Apakah layar sentuh Android kamu tidak berfungsi? Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki layar sentuh yang rusak atau cara mengatasinya.

Sebagian besar pengguna Android pasti menyentuh layar hingga ratusan kali per hari. Dengan kacanya yang halus, maka tidak heran jika layar sentuh Android menjadi salah satu komponen paling umum yang mengalami masalah.

Nah, jika layar sentuh Android kamu mengalami masalah tidak berfungsi atau lambat respon, maka tentunya ada banyak hal yang menjadi penyebab. Sebelum membawanya ke tukang service, ada baiknya kamu mencoba beberapa hal sendiri dulu.

Berikut ini BugisTekno akan membagikan beberapa tips cara mengatasi layar sentuh Android yang tidak berfungsi. Maka dari itu, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Layar Sentuh Android tidak Berfungsi

1. Apakah Layar Sentuh Android Benar-Benar Rusak?

Tindakan awal yang harus kamu ketahui adalah apakah memang layar sentuh Android kamu benar-benar rusak? Karena biasanya, masalah yang terjadi hanyalah karena bug pada sistem sehingga layar tiba-tiba tidak berfungsi. Untuk mengetahuinya maka kamu bisa lakukan tindakan berikut ini.

Nyalakan Ulang Ponsel

Menyalakan ulang ponsel mungkin adalah hal yang terdengar sia-sia untuk mengatasi masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Namun, cara ini seringkali menjadi paling umum untuk mengatasi masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Pasalnya, menyalakan ulang ponsel akan menyegarkan semua sistem dan layanan pada ponsel.

Biasanya, layar sentuh yang tidak berfungsi disebabkan karena sistem penghubung layar pada Android yang tidak bekerja karena masalah bug. Maka dari itu perlu merestart ponsel agar sistem dapat segar dan dapat bekerja kembali.

Boot ke Safe Mode

Jika layar sentuh Android kamu kadang berfungsi dan kadang tidak, artinya sebentar-sebentar saja, maka kamu mungkin bisa melakukan boot ulang ponsel kamu ke safe mode atau mode aman.

Pasalnya, melakukan safe mode memungkinkan kamu menggunakan Android hanya dengan software aslinya sehingga kamu bisa tahu apakah layar Android yang bermasalah tersebut disebabkan karena aplikasi pihak ketiga atau bukan.

Nah, untuk masuk ke safe mode, kamu bisa tekan dan tahan tombol Power. Setelah muncul menu, tekan dan tahan tombol Matikan. Maka akan muncul permintaan untuk masuk ke Mode aman, klik saja OK maka otomatis ponsel kamu akan segera restart dan masuk ke mode aman. Untuk keluar dari mode aman, maka kamu tinggal restart kembali ponsel kamu.

Diagnosa Tampilan Ponsel

Jika kamu bingung dengan masalah layar sentuh Android yang tidak berfungsi, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat mendiagnosa masalah tampilan Android. Aplikasinya mampu menunjukkan kamu masalah yang terdapat pada layar sentuh Android. Adapun aplikasinya yang yaitu Display Tester.

Silahkan download aplikasinya, lalu buka tab tesnya. Pada menu tersebut kamu memiliki opsi untuk menguji sejumlah besar aspek. Kemudian, aplikasi dapat mendeteksi piksel yang rusak pada layar, burn-in pada layar OLED, kontras dan saturasi dan masih banyak lagi.

Jika kamu sudah selesai dan mendapatkan hasil yang bagus dari pengetesan, maka selanjutnya kamu harus memeriksa semua aplikasi yang kamu install atau jika memungkinkan sebaiknya reset ponsel kamu ke pengaturan pabrik. Karena kemungkinan besar penyebab utamanya adalah aplikasi pihak ketiga yang kamu install di ponsel kamu.

2. Lepaskan Anti Gores / Pelindung Layar

Anti Gores atau Pelindung Layar adalah lembaran plastik atau kaca yang paling umum digunakan banyak orang untuk menjaga layar ponsel mereka agar terhindar dari goresan. Hanya saja, benda tersebut terkadang dapat mencegah sinyal sentuh mencapai ke sistem.

Jadi, jika layar ponsel kamu bermasalah maka kamu bisa coba lepas anti gores atau pelindung layarnya. Meskipun ini tidak bisa menjamin perbaikan, namun dapat meningkatkan respon pada layar yang sudah lemah.

3. Meningkatkan Latensi Layar Secara Buatan

Jika layar sentuh kamu bermasalah hanya berfungsi sebagian saja, maka kamu bisa mencoba dengan meningkatkan latensi layar menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun aplikasinya yaitu Touchscreen Repair.

Aplikasi ini dapat mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons, kemudian meminta kamu untuk menekan bagian layar secara berurutan.

4. Kontrol Ponsel dengan Suara atau Gerakan Wajah

Jika kamu sulit untuk menggerakkan ponsel karena sudah terlanjur bermasalah dengan layar kamu, maka kamu bisa mengontrol ponsel dengan suara atau gerakan wajah. Kini sudah terdapat aplikasi yang mampu membantu kamu memerintah ponsel melalui suara dan gerakan wajah.

Hanya saja, solusi ini hanya berlaku jika ponsel kamu masih bisa kamu kontrol untuk menginstall aplikasi dari Play Store. Jika tidak, kamu bisa mencoba menginstal aplikasi ke ponsel melalui antarmuka web Play Store. Dan kamu dapat menonaktifkan input layar sentuh di ponsel kamu hingga layar diperbaiki.

Voice Access

Aplikasi Voice Access Google secara proaktif mendengarkan perintah kamu dan memberikan nomor untuk setiap tindakan yang tersedia di layar. Jadi, jika kamu ingin menyentuh ikon aplikasi atau elemen menu, kamu hanya perlu menyebut angka yang ditetapkan.

Voice Access menautkan tindakan mendasar ke frasa tetap. Jadi, kamu dapat mengatakan layar turun untuk berpindah halaman dan kembali untuk kembali ke layar sebelumnya.

EVA Facial Mouse

Sesuai dengan namanya, aplikasi EVA Facial Mouse ini dapat menambahkan kursor virtual pada layar yang dapat kamu gerakkan menggunakan wajah kamu. Untuk menggerakkan kursor, kamu hanya perlu menggerakkan kepala ke arah yang sesuai.

Saat kamu ingin kursor menekan atau membuka aplikasi yang kamu inginkan, maka kamu hanya perlu diamkan kursor tepat di atas aplikasi yang ingin kamu buka, lalu tunggu beberapa saat.

5. Pasangkan Keyboard dan Mouse Eksternal

Jika kamu tidak bisa mengintal aplikasi apapun karena layar sudah terlanjur tidak berfungsi, maka kamu bisa menghubungkan keyboard dan mouse eksternal ke Android kamu.

Untuk mengontrol Android dengan keyboard dan mouse eksternal tentunya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menemukan kabel USB yang tepat untuk bisa terhubung dengan Android kamu. Karena ponsel Android hanya memiliki satu input USB, maka kamu memerlukan colokan USB terminal untuk memasangkan keduanya.

6. Kunjungi Tukang Service

Setelah mencoba mengikuti beberapa tips sebelumnya namun tak kunjung memberikan hasil. Maka, langkah terakhir yaitu kamu harus mengunjungi tukang service untuk mendapatkan bantuan.

Tentunya tukang service seorang profesional akan dapat memulihkan fungsi layar sentuh, meski begitu juga kembali lagi tergantung pada perangkat Android-mu. Namun, tentunya perbaikan dengan cara ini membutuhkan sejumlah biaya.

Kemudian, jika ponsel kamu diharuskan untuk disimpan, maka pastikan untuk memeriksa bahwa komponen lainnya masih berfungsi dengan baik.