Tips Merawat Baterai Android Agar Awet & Tahan Lama

50
Tips Merawat Baterai Android

Kebanyakan orang kini menghabiskan waktunya di atas layar Android melakukan berbagai aktivitas, baik itu membaca berita, nonton video, hingga bermain game. Namun, penggunaan ponsel yang berlebihan tentunya tidak baik.

Bukan hanya berdampak untuk dirimu saja, namun juga pada ponsel itu sendiri. Komponen pada ponsel yang rentan kinerjanya mengalami penurunan adalah baterai.

Lebih disayangkan lagi jika ponsel Android kamu adalah baterai non-removable (baterai tanam), jelas cukup sulit mengganti baterainya dan akan memakan banyak biaya.

Maka dari itu, sebelum ponsel kamu mengalami hal tersebut ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips mengenai cara merawat baterai Hp Android agar awet dan tahan lama yang akan saya bahas berikut ini.

Tips Merawat Baterai Ponsel Android Agar Awet dan Tahan Lama

1. Jangan Charger Sambil Menggunakan Ponsel

Menggunakan ponsel sambil di charger (cas) adalah salah satu penyebab baterai Android cepat rusak dan kalah. Karena penggunaan Android sambil di cas akan menyebabkan daya arus baterai menjadi tidak stabil, ada daya masuk dan ada yang terpakai.

Untuk itu, usahakan jangan melakukan charger sambil menggunakan ponsel Android, dan saya sarankan nonaktifkan ponsel Anda saat di charger.

2. Gunakan Charger yang Asli dan Original

Untuk merawat baterai Android, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah menjaga daya arus listrik yang diterima baterai selalu sesuai. Kita ketahui bahwa setiap charger itu mengisi jumlah daya yang berbeda sehingga jika charger tidak sesuai maka bisa menyebabkan pengisian daya berlebihan.

Untuk itu, usahakan kamu gunakan charger yang asli karena sudah disesuaikan oleh pabrik agar mengisi baterai dengan efektif. Akan tetapi jika kamu terpaksa menggunakan charger yang bukan asli, perhatikan penerimaan jumlah daya pada charger tersebut, setidaknya jumlah daya ampere tidak berbeda jauh dengan charger aslimu.

3. Perhatikan Temperatur Ponsel

Pada awal pembahasan sebelumnya telah saya singgung mengenai penggunaan ponsel yang berlebihan. Dengan penggunaan yang berlebihan sudah jelas maka akan menyebabkan temperatur suhu pada Android kamu meningkat. Hal ini menjadi salah satu yang menyebabkan baterai cepat rusak.

Untuk itu, jika kamu sudah merasakan suhu mulai panas pada saat menggunakan ponsel Android. Sebaiknya hentikan penggunaan dulu sejenak, hingga kamu sudah merasa suhu sudah menurun barulah kamu gunakan lagi.

4. Jangan Biarkan Baterai Habis (LowBat)

Keseringan membiarkan baterai ponsel habis bisa menyebabkan kapasitas daya baterai semakin berkurang dan umur baterai akan lebih pendek.

Nah, untuk itu jika kamu melihat icon baterai sudah merah atau daya tersisa sudah 20%, usahakan kamu segera lakukan pengisian, jangan pernah biarkan baterai Android habis atau lowbat.

5. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Kebanyakan para pengguna Android juga terbiasa lupa jika mereka sedang mengisi daya baterai Android yang sebenarnya baterainya sudah full.

Nah, hal inilah salah satu yang perlu kamu perhatikan, karena pengisian daya berlebihan bisa menyebabkan baterai mengembung (membengkak) sehingga menurunkan kapasitas daya pada baterai dan lebih parahnya baterai tidak akan bisa menerima daya lagi (rusak).

Untuk itu, pada saat kamu mengisi daya baterai Android, usahakan perhatikan kapan mulai pengisian daya. Saran saya sebaiknya lakukan pengisian daya selama dua sampai tiga jam saja.

6. Nonaktifkan Ponsel Rutin Setiap Hari

Banyak orang membiarkan ponsel Android mereka aktif sepanjang hari bahkan saat mereka dalam keadaan tidur. Perlu kamu ketahui bahwa membiarkan hal itu terus berlanjut akan menyebabkan baterai ponsel cepat aus.

Meskipun ponsel dalam keadaan standby tetapi sama saja baterai akan terus diserap karena mesin Android masih berjalan. Bukan dari segi baterainya saja, lebih buruknya lagi ponsel Android kamu yang akan cepat rusak.

Logikanya begini, manusia membutuhkan waktu istirahat, karena jika tidak ada istirahat pasti akan merasa capek. Sama halnya dengan mesin (Android) yang juga membutuhkan istirahat, agar mesin tidak akan aus dan rusak.

Sebagai kesimpulan jagalah baterai baterai ponsel kamu sebelum kinerjanya menurun, karena apabila hal itu terjadi jelas akan berdampak pada diri kamu sendiri dengan mengganti baterai yang baru pasti membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Maka dari itu mencegah sebelum mengobati, semoga tips diatas dapat membantu kamu dalam merawat baterai Android agar tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.